Bahasa | English | Sitemap
Berita Clipan
Berita Clipan
Clipan Finance Menyodok Menjadi Teratas
8/10/2012 10:14:30 AM

Ada 21 perusahaan peraih predikat “sangat bagus” di kelas asset Rp 1 triliun keatas. Tujuh diantaranya muka baru. Clipan Finance menyodok dan menjadi kampiun. BCA Finance dan Mandala Multifinance berada di urutan berikutnya.


KINERJA keuangan PT Clipan Finance Indonesia, Tbk., (Clipan) selama 2007 boleh dikatakan melesat bak anak panah yang baru dilepas dari busurnya. Selain berhasil menaikkan pamornya menjadi perusahaan pembiayaan beraset Rp1 triliun ke atas, Clipan juga mungkin membuat pembesar perusahaan pembiayaan yang lama bercokol di kelas tersebut gigit jari. Maklum, perusahaan yang merupakan satu dari new kids on the block di kelas atas ini melenggang kangkung di posisi terbaik multifinance kelas atas.
Menurut Biro Riset InfoBank (birl), setidaknya ada dua kunci sukses mengukir indah kinerja keuangan selama 2007 yang dilakukan perusahaan pembiayaan yang dinakhodai Gita Puspa Kirana Darmawan (Pesiden Drektur) ini. Satu, Clipan berhasil memperoleh kucuran dana segar yang bisa memperkuat permodalan dan sumber dana pembiayaan. Dari penawaran umum terbatas (rights issue), Clipan meraup dana Rp547 miliar pada September 2007 lalu. Lalu, utang bank sekitar Rp300 miliar. Dua, dengan dana segar yang begitu melimpah itu, akselerasi pembiayaan tentu menjadi lebih langsam, baik untuk pembiayaan di segmen sewa guna usaha (leasing) alat berat, segmen mobil baru, maupun segmen mobil bekas.
Melihat realisasi kinerja tahun ini sudah mencapai Rp630 miliar per Juni 2008 atau naik hampir dua kali lipat dari periode yang sama tahun sebelumnya, kinerja keuangan Clipan diperkirakan masih tetap di jalur aman. Kendati, dihadapkan pada dampak kenaikan harga bahan baker minyak (BBM) pada Mei lalu.
Pasalnya, 65% komposisi pembiayaan Clipan masih di sewa guna usaha alat berat. Sehingga, kecil kemungkinan terkoreksi oleh kenaikan harga BBM mengingat permintaan sewa alat berat akan terus naik, terutama dari perusahaan perkebunan dan pertambangan yang tengah banyak membutuhkan alat berat. Sedangkan, 35% sisanya ditempatkan di bisnis konsumsi. Target pembiayaan sebesar Rp1,7 triliun pada tahun ini tidak akan dikoreksi Clipan.



Sumber : Infobank Edisi Agustus No. 353

[ Back ]



Apply Now !!
Apply Now !!
Berminat dengan produk2 kami, segera daftar dan Staff kami akan segera menghubungi Anda.
Simulation
Simulasi Kredit
Ingin mengetahui perkiraan kredit sesuai dengan keinginan Anda? Silahkan gunakan Simulasi Kredit kami yang mudah digunakan
Customer Care
Layanan Pelanggan
Butuh Bantuan? Hubungi Kami di
021 - 2977 8600
Senin - Jumat
08.30 - 17.30
Kami senang membantu Anda.