Bahasa | English | Sitemap
Berita Clipan
Berita Clipan
Risalah Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2018
6/7/2018 1:07:54 PM

RINGKASAN RISALAH RAPAT UMUM

PEMEGANG SAHAM TAHUNAN

PT CLIPAN FINANCE INDONESIA TBK

 

Ringkasan Risalah Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”) PT CLIPAN FINANCE INDONESIA Tbk, berkedudukan di Jakarta Barat  (“Perseroan”) yang diselenggarakan pada tanggal 05 Juni 2018, hari Selasa, bertempat di Panin Bank Plaza, Lantai 3, Jl. Palmerah Utara No. 52, Jakarta, sebagaimana Risalah Rapatnya tertuang di dalam akta Berita Acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT CLIPAN FINANCE INDONESIA Tbk tertanggal 05 Juni 2018 Nomor 01 , yang dibuat dihadapan Kumala Tjahjani Widodo, Sarjana Hukum, Magister Hukum, Magister Kenotariatan, Notaris di Jakarta, memuat hal-hal sebagai berikut:    

 

A. Tanggal RUPST                          :     05 Juni 2018

     Tempat pelaksanaan RUPST     :     Panin Bank Plaza, Lantai 3,

                                                               Jl. Palmerah Utara No. 52, Jakarta

     Waktu pelaksanaan RUPST       :     jam  10.04 11.20 WIB.

 

     - Mata Acara Rapat :                  

 

1.  Persetujuan atas Laporan Tahunan Perseroan dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan, serta pengesahan Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku 2017.

2.  Persetujuan atas rencana penggunaan laba untuk tahun buku  2017.

3.  Pengangkatan anggota Dewan Komisaris Perseroan dan perubahan anggota Direksi Perseroan. 

4.  Penetapan honorarium anggota Dewan Komisaris Perseroan dan pemberian wewenang kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menetapkan besarnya gaji dan tunjangan para anggota Direksi Perseroan.

5.  Penunjukan Akuntan Publik untuk melakukan audit atas Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku 2018.

6.  Persetujuan  penjaminan lebih dari 50% (lima puluh persen) maupun seluruh dari kekayaan bersih Perseroan dalam rangka mendapatkan pinjaman atas fasilitas yang akan diterima oleh Perseroan dari Bank, Perusahan Modal Ventura, Perusahaan Pembiayaan, atau Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur atau masyarakat (melalui penerbitan Efek Selain Efek Bersifat Ekuitas melalui Penawaran Umum) untuk tahun buku 2019 sampai dengan tahun buku 2020.

 

B. -  Anggota Direksi yang hadir pada saat RUPST :

     Direktur Utama              Ibu Gita Puspa Kirana Darmawan 

                                                (Gita Darmawan)

Direktur                          :  Bapak Engelbert Rorong, Jr

Direktur Independen      :  Bapak Jahja Anwar

Direktur                           Bapak. Yimmy Weddianto

 

-  Anggota Dewan Komisaris yang hadir pada saat RUPST:

 

Komisaris Independen   :  Bapak Lukman Abdullah

 

C. -  Jumlah saham dengan hak suara yang sah yang hadir pada saat RUPST :

        3.006.889.839 saham

-   Presentase dari jumlah seluruh saham yang mempunyai hak suara yang              sah : 75,464 %

 

D. -  Pemberian kesempatan kepada pemegang saham untuk mengajukan pertanyaan dan/atau memberikan pendapat terkait Agenda rapat.

 

E. -  Jumlah pemegang saham yang mengajukan pertanyaan dan/atau memberikan pendapat terkait agenda rapat dengan rincian :

- Mata Acara Pertama    :     tidak ada pertanyaan

- Mata Acara Kedua        :     ada pendapat/usulan dari

                                             satu pemegang saham

- Mata Acara Ketiga        :     tidak ada pertanyaan

- Mata Acara Keempat    :     tidak ada pertanyaan

- Mata Acara Kelima       :     tidak ada pertanyaan

- Mata Acara Keenam     :     tidak ada pertanyaan

 

F. -  Mekanisme pengambilan keputusan RUPST :

Keputusan diambil secara musyawarah untuk mufakat. Apabila musyawarah untuk mufakat tidak tercapai, maka dilakukan pemungutan suara;

 

- Dalam pengambilan keputusan ditanyakan kepada para pemegang saham yang hadir dalam Rapat dengan hak suara yang sah apakah ada yang memberikan suara tidak setuju atau memberikan suara abstain?

Jika tidak ada suara yang tidak setuju dan tidak ada yang memberikan suara abstain, maka keputusan dianggap disetujui secara musyawarah untuk mufakat.

Ini dilakukan secara mengangkat tangan dan kepada mereka akan dibagikan formulir untuk diisi. Yang tidak mengangkat tangan dianggap sebagai memberikan suara setuju.

 

Jika ada yang tidak setuju ataupun memberikan suara abstain maka keputusan tidak dapat diputuskan secara musyawarah untuk mufakat, melainkan dilakukan pengambilan keputusan dengan pemungutan suara/voting.

Dalam voting diperhatikan ketentuan Pasal 30 Peraturan OJK tanggal 8 Desember 2014 No. 32/POJK-04/2014 yaitu abstain (tidak memberikan suara) dalam pengambilan keputusan secara voting dianggap mengeluarkan suara yang sama dengan suara mayoritas pemegang saham yang mengeluarkan suara.

 

G. - Hasil pengambilan keputusan yang dilakukan dengan pemungutan suara;

 

- Mata Acara Pertama :

-- Rapat menyetujui secara musyawarah untuk mufakat

 

- Mata Acara Kedua :

- tidak setuju untuk pembagian deviden : 2.294.738.564 saham atau  76,316%   

- abstain sebanyak                                   : Tidak ada

- setuju sebanyak                                     : 712.151.275 saham atau 23,684%

- untuk penyisihan dana cadangan dan penggunaan sisa laba bersih Tahun 2017 disetujui secara musyawarah untuk mufakat -

 

- Mata Acara Ketiga :

   - tidak setuju sebanyak                :    202.428.450 saham  atau   6,732%

   - abstain sebanyak                       :    608.702.525 saham atau 20,244%

   -  setuju sebanyak                         :    2.195.758.864 saham atau 73,024 %

 

- Mata Acara Keempat :

- tidak setuju sebanyak                :    3.307.300 saham  atau   0,11%

abstain sebanyak                       :    tidak ada

-  setuju sebanyak                         :  3.003.582.539 saham atau 99,89 %

 

- Mata Acara Kelima :

tidak setuju sebanyak                :  362.005.100 saham  atau   12,039%

abstain sebanyak                       :  Tidak ada

-  setuju sebanyak                         :  2.644.884.739 saham atau 87,961 %

 

- Mata Acara Keenam :

tidak setuju sebanyak                :  332.131.650 saham  atau  11,046%

abstain sebanyak                       :  Tidak ada

-  setuju sebanyak                         :  2.674.758.189 saham atau 88,954 %

 

H. -  Keputusan RUPST :

 

-   Mata Acara Pertama :

 

1. Menyetujui Laporan Tahunan Perseroan mengenai kegiatan usaha serta laporan tugas pengawasan Dewan Komisaris dan mengesahkan Laporan Keuangan Tahunan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2017.

2. Memberikan pembebasan dan pelunasan tanggung jawab sepenuhnya kepada para anggota Direksi dan Dewan Komisaris atas pengurusan dan pengawasan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2017 sepanjang tindakan-tindakan mereka  tercermin dalam Laporan Keuangan tahun buku 2017.

 

- Mata Acara Kedua :

 

Menyetujui penggunaan laba Perseroan untuk tahun buku 2017 sebagai berikut :

 

1. Sebesar Rp.150.000.000,- (seratus lima puluh juta rupiah) sebagai cadangan sesuai ketentuan pasal 25 ayat 25.1  Anggaran Dasar Perseroan.

2.  Sisanya sebesar Rp.236.125.300.000,- (Dua ratus tiga puluh enam milyar seratus dua puluh lima juta tiga ratus ribu rupiah) sebagai saldo laba ditahan untuk keperluan investasi dan modal kerja Perseroan

 

-    Mata Acara Ketiga :

 

1.  Menyetujui mengangkat kembali Bpk. Mu’min Ali Gunawan sebagai Komisaris Utama , Ibu Roosniati Salihin sebagai Komisaris,  Ibu Veronika Lindawati sebagai Komisaris Independen dan Bpk. Lukman Abdullah sebagai Komisaris Independen terhitung sejak ditutupnya RUPS ini sampai dengan penutupan RUPS Tahunan ke tiga yang akan diadakan dalam tahun 2021;

2.  Menegaskan susunan anggota Dewan Komisaris Perseroan terhitung sejak ditutupnya RUPS ini sampai dengan ditutupnya RUPS  Tahunan yang diadakan dalam tahun 2021  adalah sebagai berikut :

- Komisaris Utama                   : Bpk. Mu’min Ali Gunawan

- Komisaris                               : Ibu Roosniati Salihin

- Komisaris Independen           : Ibu Veronika Lindawati

- Komisaris Independen           : Bpk. Lukman Abdullah                              

3. Memberikan kuasa kepada Direksi Perseroan untuk:

a.  menyatakan keputusan RUPS ini dalam suatu akta notaris dan melaporkan serta mendaftarkan pengangkatan para anggota Dewan Komisaris Perseroan pada instansi yang berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan apabila karena satu dan lain hal pemberitahuan dan/atau pendaftaran tersebut belum dilaksanakan atau mengalami hambatan yang menimbulkan belum diterimanya pemberitahuan dan/atau pendaftaran tersebut oleh instansi yang berwenang dan jangka waktu akta Pernyataan Keputusan RUPS tersebut telah melewati jangka waktu yang ditetapkan oleh Undang-Undang, maka Direksi Perseroan berhak dan berwenang untuk membuat dan menandatangani pernyataan keputusan RUPS yang sama dalam suatu akta Notaris dan mengajukan kembali  pemberitahuan dan/atau pendaftaran kepada instansi yang berwenang hingga diperolehnya penerimaan pemberitahuan dan/ pendaftaran oleh instansi yang berwenang tersebut.

b.  melakukan setiap dan semua tindakan lainnya yang diperlukan untuk maksud tersebut di atas tanpa ada pengecualian.

Kuasa diberikan dengan ketentuan sebagai berikut:

a.  kuasa ini diberikan dengan hak untuk memindahkan kuasa ini kepada orang lain;

b.  kuasa ini berlaku sejak ditutupnya RUPS ini; dan

c.  RUPS setuju untuk mengesahkan semua tindakan yang dilakukan penerima kuasa berdasarkan kuasa ini.

 

Mata Acara Keempat:

 

1. Menyetujui memberi kuasa kepada pemegang saham mayoritas untuk menetapkan besarnya honorarium dan tunjangan lainnya bagi Dewan Komisaris Perseroan untuk Tahun Buku 2018 dengan memperhatikan rekomendasi dari Komite Remunerasi dan Nominasi Perseroan;

2. Menyetujui memberikan wewenang kepada Dewan Komisaris Perseroan, untuk menetapkan besarnya gaji dan tunjangan bagi para anggota Direksi Perseroan untuk Tahun Buku 2018 dengan memperhatikan rekomendasi dari Komite Remunerasi dan Nominasi Perseroan.

Mata Acara Kelima :

 

1.  Menyetujui mendelegasikan kewenangan kepada Dewan Komisaris untuk menunjuk Akuntan Publik dari Kantor Akuntan Publik Satrio Bing Eny & Rekan (member of Deloitte Touche Tohmatsu Limited) sebagai Akuntan Publik yang akan melakukan audit atas Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku 2018 dengan memperhatikan usulan Dewan Komisaris, dan menyetujui menunjuk Kantor Akuntan Publik Satrio Bing Eny & Rekan (member of Deloitte Touche Tohmatsu Limited) dengan ijin terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan memiliki kompetensi sesuai dengan kompleksitas usahanya, sebagai Akuntan Publik yang akan mengaudit Laporan Keuangan Perseroan untuk Tahun buku 2018.

2.  Memberi kuasa dan wewenang kepada Dewan Komisaris untuk menetapkan besarnya honorarium dan persyaratan lainnya, sehubungan dengan penunjukan Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik tersebut.

3.  Dalam hal Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik yang ditunjuk tersebut karena sesuatu alasan tidak dapat melaksanakan tugasnya, memberikan wewenang kepada Dewan Komisaris untuk menunjuk Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik lain yang memiliki pengalaman dalam audit perbankan dan berafiliasi dengan Akuntan Publik Internasional yang diakui dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

 

- Mata Acara Keenam :

 

Memberikan persetujuan kepada Perseroan untuk memberikan jaminan lebih dari 50% (lima puluh persen) maupun seluruh dari kekayaan bersih Perseroan dalam rangka mendapatkan pinjaman atas fasilitas yang akan diterima oleh Perseroan dari Bank, Perusahan Modal Ventura, Perusahaan Pembiayaan, atau Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur atau masyarakat (melalui penerbitan Efek Selain Efek Bersifat Ekuitas melalui Penawaran Umum) untuk tahun buku 2019 sampai dengan tahun buku 2020.

 

 

Jakarta, 07 Juni 2018

PT CLIPAN FINANCE INDONESIA Tbk

Direksi





SUMMARIZED MINUTES OF

ANNUAL GENERAL MEETING

PT CLIPAN FINANCE INDONESIA TBK

 

The Summarized Minutes of Annual General Meeting of Shareholders (“AGM”) of PT CLIPAN FINANCE INDONESIA Tbk, domiciled in West Jakarta (“Company”) held on 05 June 2018, Tuesday, at Panin Bank Plaza, 3rd Floor, Jl. Palmerah Utara No. 52, Jakarta, as set forth in the deed of Minutes of Annual General Meeting of Shareholders of PT CLIPAN FINANCE INDONESIA Tbk dated 05 June 2018 Number 01 , drawn up before Kumala Tjahjani Widodo, Bachelor of Law, Master of Law, Master of Notary, Notary of Jakarta, containing following matters:          

 

A. AGM Date                                   :     05 June 2018

     Venue of AGM                            :     Panin Bank Plaza, 3rd Floor,

                                                               Jl. Palmerah Utara No. 52, Jakarta

     Time of AGM                              :     10.04 – 11.20 WIB.

    

     - Agenda of Meeting :                 

1.  Approval of Annual Account of the Company and Supervisory Report of Board of Commissioners of the Company, as well as approval of the Financial Statement of the Company for the accounting year 2017.

2.  Approval for the plan of use of profits in the accounting year  2017.

3.  Appointment of members of Board of Commissioners of the Company and change of members of Board of Directors of the Company. 

4.  Determination of honorarium of members of Board of Commissioners of the Company and authorization of Board of Commissioners of the Company to determine the salary and allowances for the members of Board of Directors of the Company.

5.  Appointment of Public Accountant to carry out audit of the Financial Statement of the Company for the accounting year 2018.

6.  Approval of the pledging of more than 50% (fifty percent) or all of the net assets of the Company in order to obtain loan facilities to receive by the Company from the Bank, Capital Venture Company, Financing Company, or Infrastructure Financing Company or public (through the issuance of Securities other than Equity Securities through Public Offering) for the accounting year 2019 until accounting year 2020.

 

B. -  Members of Board of Directors present in the AGM :

     

President Director          :  Mrs. Gita Puspa Kirana Darmawan (Gita Darmawan)

Director                          :  Mr. Engelbert Rorong, Jr     

Independent  Director          :  Mr. Jahja Anwar

Director                           :  Mr.. Yimmy Weddianto

 

-  Members of Board of Commissioners present in the AGM:

 

Independent Commissioner  :  Mr. Lukman Abdullah

 

C. -  Total shares with valid voting right present in the AGM:

        3.006.889.839 shares

-   Percentage of total number of all shares with valid voting rights: 75,464 %

 

D. -The provision of opportunities to shareholders to raise questions and/or give opinions regarding the Agenda of meeting.

 

E. -  Number of shareholders raising questions and/or giving opinions regarding the agenda of meeting with the following details:

- First Agenda                  :     no question

- Second Agenda            :     opinion/proposal from a shareholder

- Third Agenda                 :     no question

- Fourth Agenda              :     no question

- Fifth Agenda                  :     no question

- Sixth Agenda                 :     no question

 

F. -  Method of resolution adoption of the AGM:

Resolutions were adopted by consultation. Failing which, voting shall decide;

 

- During the resolution adoption, the shareholders present in the Meeting with valid voting right were asked whether they disagreed or were abstain?

If no one disagreed and no one was abstain, the resolution shall be deemed to have been adopted by consultation.

The questioning was conducted by raise of hands and those present were given forms to complete. Those who did not raise their hand were deemed to agree.

 

In the event of any disagreement or abstain, the resolution could not then be decided by consultation, instead the resolution adoption would be conducted by voting.

The voting should observe the provision of Article 30 of Regulation of FSA dated 8 December 2014 No. 32/POJK-04/2014, stating those who are abstain (did not cast vote) in a resolution adoption by voting shall be deemed to cast the same vote as majority votes of the shareholders who voted.

 

G. -  The results of resolution adoption conducted by voting;

 

- First Agenda:

-- The Meeting agreed by consultation

 

- Second Agenda:

-   disagreed with the distribution of dividend: 2.294.738.564 shares or  76,316%   

- abstain                                                    : None

- agreed                                                    : 712.151.275 shares                                                               or 23,684%

 

- for the allowance of reserve funds and the use of the remaining iof net profits from 2017 agreed by consultation.

 

- Third Agenda:

   - disagreed                                    :    202.428.450 shares  or                                                                   6,732%

   - abstain                                        :    608.702.525 shares or                                                                     20,244%

   - agreed                                         :    2.195.758.864 shares or 73,024%

- Fourth Agenda:

- disagreed                                    :    3.307.300 shares  or                                                                    0,11%

-  abstain                                        :    none

-  agreed                                        :  3.003.582.539 shares or                                                                99,89 %

 

- Fifth Agenda:

-  disagreed                                   :  362.005.100 shares  or                                                                 12,039%

-  abstain                                        :  None

-  agreed                                        : 2.644.884.739 shares or                                                                87,961 %

 

- Sixth Agenda:

-  disagreed                                   :  332.131.650 shares  or                                                                 11,046%

-  abstain                                        :  None

-  agreed                                       : 2.674.758.189 shares or                                                                 88,954 %

 

H. -  Resolutions of AGM:

 

-   First Agenda:

 

1.  To approve the Annual Account of the Company concerning the business activities and Supervisory Report of the Board of Commissioners and to approve the Annual Financial Statement of the Company for the accounting year that ended on 31 December 2017.

2.  To give full acquittal and discharge to the members of Board of Directors and Board of Commissioners for their management and supervision on the Company in the accounting year that ended on 31 December 2017 to the extent their acts are reflected in the Financial Statement of the accounting year 2017.

 

- Second Agenda:

To approve the use of profits of the Company for the accounting year 2017 as follows:

 

1.  Amounted to Rp.150.000.000,- (one hundred fifty million rupiah) for reserve pursuant to the provision of article 25 paragraph 25.1  of the Articles of Association of the Company.

2.       2.  The remaining amounted to Rp.236.125.300.000,- (Two      

              hundred thirty six billion one hundred twenty five million three 

             hundred thousand rupiah) as deferred profit balance for the 

              purpose of investment and working capital of the Company.

-    Third Agenda :

 

1.  To approve reappointment of Mr. Mu’min Ali Gunawan as the President Commissioner, Mrs. Roosniati Salihin as Commissioner,  Mrs. Veronika Lindawati as Independent Commissioner and Mr. Lukman Abdullah as Independent Commissioner commencing the closing of the AGM until the closing of the third AGM to hold in 2021;

2.  To confirm the composition of members of Board of Commissioners of the Company commencing the closing of the AGM until the closing of the third AGM to hold in 2021  as follows:

- President Commissioner        : Mr. Mu’min Ali Gunawan

- Commissioner                        : Mrs. Roosniati Salihin

- Independent Commissioner   : Mrs. Veronika Lindawati

- Independent Commissioner   : Mr. Lukman                                                                             Abdullah                             

3. To authorize the Board of Directors of the Company:

a.  to declare the resolution of the AGM in a deed of notary and to report and register the appointment of members of Board of Commissioners of the Company with the competent authority pursuant to the provision of legislations in force and in the event due to one and another reason such notification and/or registration has not been conducted or faced obstacles resulted in the notification and/or registration was unacceptable to the competent authority and the priod of the deed of Statement of Resolution of AGM has elapsed the period determined by the Law, the Board of Directors of the Company is entitled and authorized to make and execute the same statement of resolution of AGM in a deed of Notary and resubmit the notification to and/or registration with the competent authority until the acceptance of notification and/ registration by competent authority in question is secured.

b.  to take any and all other actions as required in order to achieve the above purpose without any exception.

The authorities were given under conditions as follows:

a.  it is given with right to transfer the same to others;

b.  it comes into effect as of the closing of the AGM; and

c.  the AGM agrees to approve all actions taken by the endorsee by virtue of this power of attorney.

 

Fourth Agenda:

 

1. To approve the authorization of majority shareholders to determine the honorarium and other allowances for the Board of Commissioners of the Company for the Accounting year 2018 by observing the recommendation of the Remuneration and Nomination Committee of the Company;

2. To approve the authorization of the Board of Commissioners of the Company, to determine the salary and allowances for the members of Board of Directors of the Company for the Accounting year 2018 by observing the recommendation of the Remuneration and Nomination Committee of the Company.

Fifth Agenda :

 

1.  To approve the delegation of authority to the Board of Commissioners to appoint Public Accountants of the Public Accountant Firm Satrio Bing Eny & Partners (member of Deloitte Touche Tohmatsu Limited) as the Public Accountant to carry out audit of the Financial Statement of the Company for the accounting year 2018 by observing the proposal of the Board of Commissioners, and to approve the appointment of Public Accountant Firm Satrio Bing Eny & Partners (member of Deloitte Touche Tohmatsu Limited) registered with the Financial Services Authority and has the competency that is in accordance with the complexity of the business, as the Public Accountant to carry out audit of the Financial Statement of the Company for the Accounting year 2018.

2.  To authorize the Board of Commissioners to determine the fees and other requirements, with respect to the appointment of the Public Accountant and Public Accountant Firm.

3.  In the event the Public Accountant and Public Accountant Firm appointed are for any reason unable to perform their duties, to authorize the Board of Commissioners to appoint other Public Accountant and Public Accountant Firm with experience in banking audit and affiliated with International Public Accountant acknowledged and registered with the Financial Services Authority.

 

- Sixth Agenda :

 

To give approval to the Company to pledge more than 50% (fifty percent) or all of the net assets Company in order to obtain loan facilities to receive by the Company from Banks, Capital Venture Company, Financing Company, or Infrastructure Financing Company or public (through the issuance of Securities other than Equity Securities through Public Offering) for the accounting year 2019 until accounting year 2020.

 

 

Jakarta, 07 June 2018

PT CLIPAN FINANCE INDONESIA Tbk

Board of Directors

[ Back ]



Apply Now !!
Apply Now !!
Berminat dengan produk2 kami, segera daftar dan Staff kami akan segera menghubungi Anda.
Simulation
Simulasi Kredit
Ingin mengetahui perkiraan kredit sesuai dengan keinginan Anda? Silahkan gunakan Simulasi Kredit kami yang mudah digunakan
Customer Care
Layanan Pelanggan
Butuh Bantuan? Hubungi Kami di
021 - 2977 8600
Senin - Jumat
08.30 - 17.30
Kami senang membantu Anda.