Bahasa | English | Sitemap
Struktur Tata Kelola
Struktur Tata Kelola

Organ Perusahaan berperan penting dalam pelaksanaan Tata Kelola secara efektif. Masing-masing Organ Perusahaan menjalankan fungsinya sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar dan peraturan perundang-undangan yang berlaku atas dasar prinsip independensi dalam melaksanakan tugas, fungsi dan tanggung jawabnya untuk kepentingan Perusahaan.

Organ Perusahaan terdiri dari:
  1. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) RUPS adalah organ tertinggi dalam organisasi Perusahaan. RUPS memiliki hak untuk membuat keputusan tertentu, termasuk diantaranya mengubah Anggaran Dasar (AD), mengangkat dan memberhentikan Komisaris dan Direksi, membuat keputusan menyangkut tindakan dan keputusan Perusahaan yang menjadi kewenangan RUPS.
  2. Dewan Komisaris Dewan Komisaris adalah organ perusahaan yang melakukan pengawasan secara umum dan/atau khusus sesuai dengan Anggaran Dasar. Pengawasan yang dilakukan Dewan Komisaris adalah atas kebijakan pengurusan, jalannya pengurusan pada umumnya, baik mengenai Perusahaan ataupun usaha Perusahaan, dan memberi nasihat kepada Direksi, yang dilakukan untuk kepentingan Perusahaan atas dasar prinsip-prinsip Tata kelola Perusahaan yang Baik.
  3. Dewan Direksi Dewan Direksi adalah organ Perusahaan yang berwenang dan bertanggung jawab penuh atas pengurusan Perusahaan sesuai dengan maksud dan tujuan Perusahaan, serta mewakili Perusahaan, baik di dalam maupun diluar pengadilan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar.
  4. Organ Pendukung Tata Kelola Perusahaan Dalam rangka mendukung efektifitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya, Dewan Komisaris dibantu oleh komite-komite sebagai berikut:
    1. Komite Audit yang bertugas dan bertanggung jawab memberikan pendapat profesional dan independen kepada Dewan Komisaris terhadap laporan atau hal-hal yang disampaikan oleh Direksi kepada Dewan Komisaris dan membantu Dewan Komisaris melaksanakan tugasnya mengawasi dan memberikan nasihat kepada Dewan Direksi, mengawasi dan memastikan bahwa Perusahaan dijalankan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku, serta terselenggaranya pengendalian internal yang efektif.
    2. Komite Pemantau Risiko yang berfungsi untuk memantau dan bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris dalam usaha mendukung pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Dewan Komisaris terkait penerapan dan pengawasan Manajemen Risiko Perusahaan.
    3. Komite Nominasi dan Remunerasi yang bertugas melakukan evaluasi serta menyusun dan memberikan rekomendasi kepada Dewan Komisaris mengenai sistem/kebijakan nominasi dan remunerasi kepada Komisaris dan Direksi.

    Demikian halnya dengan Dewan Direksi, dalam rangka menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara efektif dan efisien, Dewan Direksi membentuk komite-komite sebagai berikut:
    1. Komite Kredit yang berfungsi untuk melakukan perbaikan, penyempurnaan dan penyederhanaan proses dan prosedur pemberian pembiayaan.
    2. Komite Manajemen Risiko yang bertanggung jawab terhadap sistem pengawasan internal yang mengawasi proses identifikasi, evaluasi dan pengelolaan risiko yang dihadapi oleh Perusahaan dengan tujuan untuk melindungi Perusahaan melalui pengelolaan risiko yang mungkin timbul dari aktivitasnya serta menjaga tingkat risiko agar sesuai dengan arahan yang telah ditetapkan oleh Perusahaan.
    3. Komite Tata Kelola Perusahaan untuk mendorong para pemegang saham, para anggota Dewan Komisaris dan Dewan Direksi, dalam pengambilan keputusan dan tindakan, untuk menerapkan nilai moral yang tinggi dan ketaatan pada seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta kesadaran mengenai tugas sosial Perusahaan terhadap para Pemangku Kepentingan/Stakeholders.
    4. Unit Khusus Prinsip Mengenal Nasabah (PMN) yang bertugas menyusun dan memelihara Kebijakan dan Pedoman Pelaksanaan Penerapan PMN dan memantau pengkinian data dan profil nasabah.
Apply Now !!
Apply Now !!
Berminat dengan produk2 kami, segera daftar dan Staff kami akan segera menghubungi Anda.
Simulation
Simulasi Kredit
Ingin mengetahui perkiraan kredit sesuai dengan keinginan Anda? Silahkan gunakan Simulasi Kredit kami yang mudah digunakan
Customer Care
Layanan Pelanggan
Butuh Bantuan? Hubungi Kami di
021 - 2977 8600
Senin - Jumat
08.30 - 17.30
Kami senang membantu Anda.